Home » Featured, Headline, News

Awas Google Lagi Razia Besar Besaran

25 March 2012 2,170 views 10 Comments

I’m Back! Wew udah hampir 2 bulan saya absen tulis blog. Emang rada susah ya mau disiplin tulis blog. Oke kali ini saya mau bahas tentang amukan Google Panda yang terjadi beberapa hari lalu, 19 Maret 2012.

Sebelum bahas lebih lanjut, coba Anda buka Google.co.id, lalu ketikkan ‘site:NamaDomainAnda.com, apakah hasil yang Anda lihat:

atau seperti ini:

 

Kalau hasil yang Anda temukan seperti gambar pertama maka selamat! Anda lolos razia om G namun kalo hasilnya seperti gambar kedua maka kemungkinan ada yang salah dengan blog Anda sehingga Google deindex Blog Anda tersebut.

 

Alasan Mengapa Ada blog yang dideindex oleh Google:

1. Spam backlink

2. Duplicate Content

 

1. Spam Backlink

Bukan rahasia lagi kalo banyak internet marketer yang suka mencari backlink dengan cara-cara yang agak ‘spammy’. Biasanya spammy link kaya gini dateng dari spam comment (biasanya dari Scrapebox) dan link profile forum (biasanya dari xrumer).

Mungkin Google beranggapan blog yang sebagian besar backlink nya datang dari comment atau link profile merupakan blog yang emang bertujuan untuk SEO bukan untuk visitor (Google gak suka blog semacam ini), makanya banyak blog yang kena deindex gara-gara backlink tipe ini.

p.s. Jujur saja saya kurang tahu apa link seperti ini masi ngefek ke SEO ato nggak tapi yang pasti kedua software ini masih banyak penggunanya.  Kalo ingin mencoba backlink semacam ini lebih baik sesekali saja, 1 bulan sekali/2kali udah cukup agar blog Anda aman dari razia Google.

 

2. Duplicate Content

Well, I’m sure it is not just about duplicate content but also about the spun article! Kalo cerita duplicate content ya jelas blog yang isinya cuma ‘co-pas’ dari blog lain gak ada valuenya makanya sering kena deindex.

Belakangan ini Google pun udah jago kenalin spun article. Ini yang susah  :(

Karena alasan inilah banyak blog network yang mengandalkan spun article kena razia gede-gedean oleh Google. Bayangin aja ada blog network yang kena razia sampe 90% blognya deindex. Wew rugilah kalo gini mah.

Tapi siapa tahu kedepannya ada terobosan baru untuk mengakali bot Google lagi.

 

Solusi Untuk Blog yang di deindex Google?

Kalo blog Anda kena deindex Google lebih baik blog tersebut di istirahatkan. Dari pengalaman saya, blog yang kena deindex punya peluang yang kecil untuk kembali di index Google. So mending Anda mulai garap blog-blog baru. Siapa tahu 3 bulan lagi Google berbaik hati :)

Yang terpenting untuk menghindari razia Google adalah tidak/sesedikit mungking menggunakan metode SEO blackhat. Nakalnya kecil-kecilan (NKK kalo istilahnya Pak Widodo) aja biar gak ketauan, oke?

Dan jika Anda ingin membuat blog untuk dioptimasi ingat untuk menggunakan ‘link diversity’.

Good luck my friend!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading ... Loading ...

10 Comments »

  • birthday party said:

    bagus artikelnya…makasih infonya yaaa…

  • Goresane said:

    berarti Google udah mulai pinter sekarang. Tapi dengan salah deindex blog/website membuktikan bahwa secanggih apapun teknologinya, masih ada kekurangannya

  • andipandora said:

    wah..razia google, makasih mas infonya..kumplit banget..

  • Rita said:

    Wah, informasi ini yang aku ajungkan jempol..

    Makashi ya ,,,, :)

    salam kenal,
    Rita

  • andriapriyadi (author) said:

    @Rita: Glad I can help

  • Newbie permanent said:

    Google semakin ketat om, baru-baru ini malah baned akun google besar-besaran bukan cuma iklan yang di baned tapi akun juga ikutan ludes…

  • Susi said:

    Saya dengar dari pegawai google indonesia di jakarta.
    katanya Desember 2012 ini google bot akan meng-update script mereka ya? untuk razia web seluruh dunia dan merubah rating mereka.

    Apakah benar gak ya?

    salam,
    Susi

  • andriapriyadi (author) said:

    @Susi: Update algo dari Google gak jadi masalah gede kalo kita fokus pada kualitas blog

  • andriapriyadi (author) said:

    @Newbie: Intinya jangan ‘nakal’ biar gak ke banned

  • belajar SEO said:

    Artikelnya bagus. Kalau tidak salah yang ngurusin onpage SEO (yg berhubungan dengan konten) nama algoritmanya Panda, dan yang ngurusin offpage (backlink dsb) adalah Penguin. Memang bikin kocar-kacir nih algoritma Google yang baru ini, cuma ya demi menghasilkan hasil yang lebih relevan, mau gak mau harus dilakukan juga.

    Saya masih bingung nih dengan Spun artikel, maksudnya artikel yang dimodifikasi dengan membolak-balik struktur kalimatnya ya? Misalnya: Budi minum susu di pagi hari >> Pada pagi hari Budi minum susu. Begitukah?

    Thanks infonya :)

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.