Home » Featured, Headline, Sharing Pengalaman

Evaluasi Tahun 2012: My Complete Journey Revealed

22 December 2012 1,348 views 4 Comments

Thanks God! You are GREAT!

Tahun 2012 merupakan tahun yang penuh makna dalam kehidupan saya. Banyak sekali hal yang terjadi dan tentunya campur tangan Tuhan lah yang membuat banyak impian menjadi kenyataan.

———————

Januari – Maret 2012

3 Bulan Kumpulin Modal

———————

Goal pertama yang menjadi kenyataan adalah tercapainya mimpi mengumpulkan modal untuk buat kantor sendiri. Jujur saja, saya tidak pernah mendapatkan total project sebesar itu dalam 3 bulan. Kalo mau tau lengkapnya bisa baca Jawaban itu Ada!

Berikut sedikit cuplikan dari tulisan saya di Jawaban itu Ada!

Kita memang udah planning buka kantor sendiri, bisa dibilang semuanya sudah siap cuma ya itu tu, modalnya kagak ada :P

Dalam hitungan kasar yang telah kami buat, diperlukan sedikitnya Rp 100,000,000,- (Seratus Juta Rupiah Bok!) untuk membuka kantor pertama kami. Itu belum termasuk gaji bulanan karyawan dan sewa kantornya. Jujur aja nih, uang saya saat saya bilang mau mulai renovasi, uang saya masih jauh dari cukup.

Tapi saya punya prinsip, jika kita berbuat seolah-olah hal itu sudah terjadi, maka alam semesta akan berupaya membantu kita untuk membuat hal itu jadi kenyataan.

Biar Anda lebih jelas, saya sarankan Anda baca Buku Pak Yohanes Surya yang judulnya Mestakung (Alam Semesta Mendukung) dan buku The Secret Karangan Rhonda Bryne.

Inti dari kedua buku tersebut bisa dibilang sama saja!

“Asal kita yakin dan mengimani, dan kita terus fokus kepada hal tersebut, maka TERJADILAH!!”

Dan inilah mukzizat yang saya dapat menjelang detik-detik terakhir untuk membuka kantor sendiri:

1. Entah dari mana datangnya, jadi pada saat saya dan Gita browsing tentang wordpress maka munculah ide untuk menjual platform yang baru kita temukan tersebut. Guess what, deal at 41 million!

2. Project dari klien lama. Hal yang buat saya berpikir ini pasti mukzizat adalah tahun lalu klien ini bahkan tidak mau deal di angka 5 jeti. Tahun ini saya bawa proposal yang sama dengan angka 12 jt, eh malah deal!

3. Project terakhir ini masih dalam proses, tapi angka yang saya ajukan adalah 50 juta. Dealnya malah di Rp 52 juta.

Dari hasil uang project dan ditambah tabungan kita berdua, maka pada bulan April 2012, kantor kami akhirnya bisa jalan.

 

BRAVO!!!

Mungkin orang bilang kebetulan, saya juga berpikir begitu koq.

 

 

———————

April – Desember 2012

9 Bulan Bergelut di Kantor

———————

 

Barangkali ada yang bingung, apa tujuannya kita buka kantor?

Gini, kita pengen coba untuk delegasiin tugas yang kita punya ke orang lain sehingga kita bisa mengerjakan hal-hal lain yang nilainya lebih besar. Kalo kita menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan hal-hal kecil yang memakan banyak waktu, kita gak bisa TUMBUH lebih besar lagi.

Contohnya gini:

- Dirumah ada pekerjaan kaya bersih-bersih termasuk nyapu, ngepel, cuci piring, cuci baju, dll

- Sedangkan kita juga ada pekerjaan, misal buka toko (boleh toko apa aja)

Pertanyaan saya, mengapa banyak majikan toko yang lebih suka memperkerjakan seorang pembantu untuk mengerjakan pekerjaan rumah sehingga dia bisa FOKUS buka tokonya?

 

Karena pekerjaan rumah, terlepas dari betapa lama waktu untuk mengerjakannya:

Nilainya kecil!

 

Oleh karena itulah kita memtuskan untuk buka kantor sendiri….

Tepatnya pada tanggal 14 April 2012 (Hari Ulang Tahun saya loh :P) Saya dan Gita pulang ke Baturaja (Kampung saya nih). Kita memutuskan untuk membuka kantor disini. Awalnya kita pede bisa sukses membuka kantor.

Banyak teman-teman yang bertanya: Koq buka kantornya disana, gak di Cikarang aja?

Saya jawab “Kalo buka di Cikarang, modalnya gak kuat. Belum sewa rukonya, renovasi, dan pegawenya. Bisa tutup dulu sebelum bisa menghasilkan uang.”

Saya menjawab demikian bukan tanpa perhitungan, diawal-awal masa perencanaan buka kantor, kita sudah melakukan hitungan diatas kertas dan dari situ kita tarik kesimpulan, gak kuat kalo bukannya di Cikarang, variable costnya terlalu tinggi.

Hal itu bukan berati setelah buka kantor di Baturaja gak ada masalah, justru kita dapet challenge luar biasa: Gak ada pelamar kerja yang sesuai dengan standar kita :(

 

 

Even Worse!

2 minggu pertama buka kantor, pegawenya cuma dia: Saya dan Gita doank yang merangkap sebagai Bos, , haha,,

Kita sangat kebingungan waktu itu sebab kita berdua sama sekali gak punya pengalaman gimana sih caranya cari karyawan. This is really something that is beyond our comfort zone.

Kita bukannya gak coba cari-cari cara, kita udah:

1. Minta tolong orang bagiin brosurnya. Hasilnya ada sekitar 20 lamaran masuk, wuihh, Saya pikir waktu itu, bagus banget nih. Tapi sayangnya kemampuan mereka jauh dibawah standar kita.

2. Bagi-bagi brosur sendiri. Oh Tuhan, rasanya malu juga bagi-bagi brosur di kampus yang ada di Baturaja, ini mau jadi bos di kantor tapi juga merangkap sebagai OB. Haha,, Bayangin aja kalo orang yang saya kasi brosurnya dateng ke kantor,

Hasilnya NOL!

3. Iklan di majalah mingguan Gereja. Hehe,, ini kita lakukan atas saran Mama saya. Iklannya cukup murah Rp 80,000 untuk 2 minggu.

Hasilnya NOL juga :(

4. Iklan di Radio. Setelah kita diskusi, kita mau coba juga nih iklan di Radio, kalo orang Baturaja, pasti taulah radio apa. Kita menghabiskan sekitar beberapa ratus ribu untuk iklan tapi,

Hasilnya NOL Kuadrat!

5. Kita coba iklan di koran lokal. Mahal juga sih iklan perbulannya, cuma kita berprinsip coba dulu lah. Kalo gagal ya gak apa-apa, yang penting maju terus.

Hasilnya PULUHAN Lamaran Masuk!!!

 

Dari sinilah kita mendapatkan 2 karyawan pertama, Achmad (masuk awal Mei) dan Iga (masuk pertengahan Juni).Target awal kita dapet 6 orang, lumayanlah. Orang mungkin lihat kita gagal capai target, tapi bagi saya ini adalah proses. Kita mulai training karyawan berbulan-bulan sampai mereka bisa diberi tanggung jawab yang lebih gede.

Hari ini, 22 Desember 2012, saya bersyukur waktu itu kita ‘cuma’ dapet 2 pegawe dulu. Kalo langsung 6 pasti kita gak kuat training mereka. Inilah mungkin yang orang sering bilang:

Tuhan memberi sebesar yang kita mampu. Kalo kita udah siap lebih baru dikasih lebih.

 

————-

A little ways down the road

Lewat tantangan satu, kita akan dihadapkan dengan tantangan berikutnya. Setidaknya begitulah perjalanan yang kita hadapi. Setelah ada karyawannya, kita baru tahu bahwa traning karyawan itu SUSAH!

Tantangan lain yang kita hadapi dalam menjalani kantor ini adalah: Susahnya training karyawan.

Saya akui memang di Baturaja ini SDM (Sumber Daya Manusia) nya belum sebagus yang di Cikarang, apalagi di Jakarta. Oleh karena itu, kita mesti EXTRA sabar untuk training karyawan kita.

Pernah ada beberapa karyawan baru masuk, 1 bulan minta berhenti, 1 minggu bilang gak kuat, ada juga yang 1 hari masuk gak dateng lagi. Haha,, bagi kita itulah proses seleksi alam. Cuma yang qualified yang bertahan.

Satu kejadian unik yaitu ada seorang pegawe yang baru 1 minggu, terus merasa gak kuat dan minta berhenti. Kita kabulin tapi beberapa mingu kemudian minta masuk lagi. Dia bilang ingin coba lagi, ya kita persilahkan.

Hasilnya: Udah 3 bulan ini dia bisa ngikutin gawean yang ada dan kerjaannya bisa ngimbangin yang lain. Mantab!!!

Orang sering kali merasa gak bisa/menyerah padahal baru 3 ato 4 kali ‘jatuh’. Tau gak, dulu pas kita belajar jalan, kita jatuh sekitar 300 kali sebelum akhirnya bisa berjalan. Kalo kita udah bisa milih waktu itu, mungkin hari ini banyak dari antara kita yang GAK BISA jalan!!!

 

Terus Gimana tentang Incomenya?

Ehmm, gimana yaa :P

Well untuk masalah income ada peningkatan yang cukup drastis dari bisnis utama yang saya jalankan. Tapi untuk income dari project, agak mengalami sedikit penurunan karena kita lagi gak gitu fokus kesana.

Target kita berdua adalah $10k perbulan dari bisnis online kita. Puji Tuhan sampai saat ini belum tercapai. Tapi mudah-mudahan bisa tercapai segera.

 

Pelajaran yang saya dapatkan di tahun 2012:

 

KONSISTENSI

 

Begitu banyak orang yang bilang mau belajar sama kita, kita udah ajarin, udah ditunjukin caranya, bahkan duitnya. Masih aja tuh gak ada TIDAKAN.

Belajar dan pengetahuan itu penting, kita harus TERUS belajar tapi di atas itu semua

 

Kita HARUS konsisten!

 

Jadi orang yang konsisten itu gak enak, susah banget. Bangun pagi, kerja sampe malem. Fokus kerja seharian, mikirin banyak hal, berpikir keras untuk membuat suatu keputusan, menganalisa masalah, kadang masih kena marah klien kalo kerja jelek, lobi client baru, dan lain lain lah! Kalo udah suntuk ya main PES juga :P

Tapi hasilnya worth it!

Hari ini, saat saya liat laporan pendapatan bulan ini, saya dan pacar, bisa tersenyum! Walopun masih jauh dari target, kami cukup puas melihat hasil kerja keras.

 

See you at the VERY TOP my friends!

 

 

Andri

 

ps. Saya tidak punya maksud pamer, Saya merasa tidak pantas untuk itu. Masih banyak yang jauh lebih hebat dari saya. Saya cuma ingin berbagi pengalaman, siapa tahu bisa menginspirasi Anda sekalian.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

4 Comments »

  • nique said:

    wow .. pencapaian yang luar biasa yah, semoga di tahun 2013 nanti bisa lebih banyak lagi dari yang diharapkan.

    soal recruiting karyawan, ehehehe kami juga punya pengalaman macam2, padahal klo usaha kami ini kan karyawannya ‘kan masih biasa2 saja, tapi tentulah yang namanya kualitas kepribadian karyawan itu yg paling utama. Terkadang, ada yg ingin gaji b esar, padahal kemampuannya NOL, belum lagi yang pemalasnya minta ampun. Mengedukasi karyawan itu memang gak mudah, siap2 makan hati aja :)

    saya setuju banget, jika pekerjaan2 kecil bisa di-handle orang lain, keluar duit sekian juta gak masalah, sehingga waktu yg ada bisa kita maksimalkan untuk urus2 yg lainnya.

    Memang begitu orang yg berusaha, harus fokus dan konsisten, di awal2 justru effortnya lebih beberapa kali lipat dibandingkan dengan karyawan :)

    Sekali lagi selamat yah … semoga kesuksesan selalu bersama kalian!

  • andriapriyadi (author) said:

    @nique: Sure, see you at the top ya!

  • Bli Putu said:

    Luar biasa sekali… selamat ya masbro atas semua pencapaiannya.. membaca tulisan ini ada banyak sekali hal yang saya dapat dan bisa saya pelajari.. Sy tunggu tulisan2 berikutnya om….salam sukses

  • Adam said:

    sekarang udah akhir tahun 2013 nih, gimana kabarnya? semoga makin sukses. see you at the top ya!

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.